Air Terjun Tumpak Sewu Semeru (niagara mini)


Lumajang, Jawa timur ternyata memiliki surga tersembunyi yang hampir mirip dengan air terjun niagara sehingga sering disebut dengan air terjun niagara mini. Air terjun tumpak sewu ini terletak di Desa Sonodimulyo. Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun tumpak sewu dijuluki dengan niagara mini karena memiliki beberapa aliran air terjun yang sangat indah dan mempesona.





Foto by: @emmett_sparling

Air terjun ini berasal dari aliran sungai glidik gunung semeru yang sekaligus menjadi pembatas wilayah antara kabupaten malang dengan kabupaten lumajang. Air terjun ini memiliki pemandangan tebing yang membentuk setengah lingkaran dengan beberapa air terjun yang mengalir. Hal ini yang menjadikan air terjun ini disebut dengan air terjun Tumpak sewu karena air terjun yang mengalir ada banyak. Tumpak sewu berarti tumpuk seribu atau bertumpuk-tumpuk seribu. Untuk tinggi air terjun ini sedniri berkisar 100 meter bahkan lebih


Foto by: @joeadimara_


Untuk menuju tempat ini bisa diakses melalui 2 tempat. Anda bisa berangkat dari kabupaten malang maupun dari kabupaten Lumajang. Apabila anda dari kabupaten Malang, anda tinggal menuju arah pronojiwo dengan jarak berkisar 65 km dengan perkiraan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sedangkan jika anda dari Lumajang, anda tinggal menuju desa Sonodimulyo. 



Foto by: kabarwisata.com

Retribusi untuk masuk ke air terjun ini hanya Rp.3.000,- saja dan biaya parkir Rp.5.000,- . Untuk sampai ke air terjun kita harus jalan kaki sekitar 30 menit dengan menuruni tangga yang terbuat dari bambu. Saat menuruni tangga yang bisa dibilang cukup ekstrim anda tidak perlu khawatir karena ada petugas pemandu yang akan menemani. Rasa lelah saat treking akan hilang saat anda sampai di air terjun karena suguhan pemandangan yang ibarat surga tersembunyi diantara tebing - tebing. Bagaimana, minat untuk berlibur kesini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Tumpak Sewu Semeru (niagara mini)"

Post a Comment