Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta


Gumuk Pasir parangkusumo merupakan gumuk pasir yang ada di Yogyakarta. Sebenarnya pulau jawa memiliki beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan pulau jawa tetapi yang pembentukannya paling signifikan yaitu di yogyakarta. Gumuk pasir ini merupakan salah satu gumuk pasir yang ada di asia tenggara. Selain di Indonesia terdapat di negara vietnam dan Filipina.

Foto: piknikasik.com


Fenomena alam ini sebenarnya sudah ada sejak lama tetapi warga setempat baru menyadari semenjak banyak tamu dari mancanegara yang berdatangan ke tempat tersebut. Selain itu, tempat ini juga mulai terkenal karena media sosial. Banyak wisatawan yang mulai mengupload foto-foto keren saat sedang berada di gumuk pasir ini.

Foto: piknikasik.com


Tempat ini di kelola oleh pemuda setempat dengan baik sehingga tidak terabaikan. Selain untuk berfoto-foto selfi, tempat ini juga sering digunakan untuk foto preweding. Selain itu, di gumuk pasir ini anda dapat bermain Sandboarding yaitu menuruni bukit-bukit pasir dengan menggunakan papan selancar.

Foto: piknikasik.com

Akses untuk ketempat ini tidaklah sulit. Tempat ini berada tidak jauh dari pantai parangtritis maupun pantai depok. Untuk ketempat ini anda harus menuju ke jalan parangtritis (dari ringroad selatan) sampai melewati loket masuk pantai parangtritis. Selanjutnya sebelum sampai ke pantai parangtritis ambil kanan ke arah pantai depok. Sebelum sampai ke pantai depok gumuk pasir ini terletak di kanan jalan. Selain dari arah pantai parangtritis, anda juga bisa melewati jalur sebaliknya yaitu dari pantai depok. Melalui jalur ini anda akan disuguhi pemandangan jalan dengan pohon cemara di kanan kiri.

Foto: @apriyanto_photo

Baca juga: Pesona Pantai Goa Cemara Bantul

Biaya retribusi ketempat ini dikenakan tarif sebesar Rp.5.000,- saja serta membayar parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua sebesar Rp..3.000,- sedangkan roda empat Rp.10.000,-. Sedangkan anda yang ingin bermain sandboarding berkisar Rp.100.000,- sampai Rp.150.000,- sepuasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta"

Post a Comment