Pesona Bukit Telang Kalimantan Selatan


Kalimantan Selatan ternyata memiliki perbukitan yang sangat mempesona seperti di Pulau Sumba, NTT. Bukit hijau ini dikenal dengan nama bukit telang yaitu perbukitan yang dihiasi hamparan rumput hijau disekitarnya. Seperti bukit teletubies yang berbentuk gunduk - gundukan diselimuti rumput hijau yang indah. Bukit ini mulai dikenal karena media sosial. Beredarnya foto - foto para wisatawan tentang bukit ini membuat banyak orang penasaran dan ingin berkunjung ketempat ini.

foto by:@bayu_kuntet


Bukit telang berada di  desa Martadah, kecamatan Tambang ulang, kabupaten Tanah laut, Kota pelaihari. Karena tempat ini tergolong baru, maka untuk sampai ketempat ini aksesnya masih belum memadai sehingga tempat ini masih sepi. Untuk mencapai puncak bukit kalian harus trekking sekitar 30 menit sampai 60 menit melewati jalan setapak. Jalur yang terbilang menanjak cukup menguras tenaga saat trekking ke puncak bukit.


Bukit Telang [image source]


Rasa lelah saat trekking akan terbayar oleh keindahan bukit ini. Tak jarang ada wisatawan yang datang untuk melakukan camping supaya dapat menikmati langit kalimantan selatan pada malam hari dari bukit ini. Dari bukit ini dapat menikmati pemandangan landscape dengan pemandangan hamparan rumput hijau yang indah serta langit.


Foto by: travelingyuk.com

Akses ketempat ini dari kota banjarmasin yaitu sekitar 65 km. Dari kota banjarmasin kemudian menuju kota pelaihari dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2,5 jam.  Setelah melewati tempat wisata gunung kayangan, selanjutnya melewati area sawit menuju bukit lintang sampai ke kaki bukit yang terdapat pondokan. Pondokan terakhir di kaki bukit milik pak Musa merupakan tempat penitipan sepeda motor dan juga warung yang menjual makanan. Biaya untuk parkir kendaraan yaitu Rp.5.000,- sampai Rp.10.000,-.. Disarankan apabila akan ketempat ini jangan saat musim hujan karena jalan menuju pondokan terakhir cukup rusak dan bertanah licin. Selain itu juga jangan buang sampah sembarangan dan jaga kebersihan bukit ini. Mari berpetualang sobat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Bukit Telang Kalimantan Selatan"

Post a Comment