Pulau Kenawa, Sumbawa


Pernah dengar tentang pulau Kenawa? bukan pulau Kanawa ya. Kalau pulau kanawa berada di Nusa Tenggara Timur, sedangkan pulau Kenawa ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan dataran rendah dengan hamparan rumput hijau yang terdapat satu bukit kecil dan tidak berpenghuni. Selain panorama bukit dan rumput hijau yang luas, pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir putih yang airnya jernih. Pulau ini mempunyai ukuran luas sekitar 5 hektar.


foto by @aris_19

Untuk sampai ke pulau ini sangatlah mudah. Dari kota mataram selanjutnya menuju pelabuhan kayangan (sering disebut pelabuhan lombok). Dari pelabuhan lombok dilanjutkan dengan menggunakan kapal fery untuk menyeberang ke pelabuhan poto tano. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dari pelabuhan lombok ke pelabuhan poto tano sekitar 1,5 jam sampai 2 jam. Dari pelabuhan poto tano selanjutnya menuju ke pelabuhan nelayan untuk menyeberang ke pulau kenawa. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 10 menit saja. Dari pelabuhan nelayan kemudian menyeberang dengan perahu karena tidak ada kapal besar yang menyediakan jasa transportasi ke pulau kenawa. Untuk menyeberang dengan perahu nelayan dikenakan tarif sekitar Rp.350.000,- sampai Rp.400.000,- untuk sekali perjalanan pulang pergi tanpa batas waktu. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit.


foto by: Ayub Ardiyono

foto by: @ekafitiriani_

foto by: image source

Di pulau ini sudah disediakan beberapa pendopo untuk tempat bersantai para wisatwan. Selain itu juga terdapat tempat untuk ganti pakaian. Walaupunsudah terdapat tempat untuk ganti pakaian, tetapi belum tersedianya toilet yang memadai serta tidak ada sumber air bersih.

Pada siang hari biasanya tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun mayoritas pengunjung adalah wisatawan lokal karena belum banyak orang yang tahu tentang pulau ini. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Kenawa, Sumbawa"

Post a Comment